JENIS JENIS
COMPUTER DAN KEGUNAANYA
II.1 Apa Itu Komputer ?
II.1.1.Definisi
Nama komputer
berasal dari bahasa latin computare yang memiliki arti menghitung.
Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit
berbeda dalam mendefinisikan komputer.
-
Menurut Hamacher, komputer adalah
mesin penghitung elektronik yang cepat
dan dapat menerima informasi
input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan
di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
-
Sedangkan Fuori
berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan
perhitungan besar secara cepat, termasuk
perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
Untuk
mewujudkan komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan sebuah informasi,
maka diperlukan suatu sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri
dari hardware,software dan brainware. Ketiga elemen tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak
akan berfungsi tanpa software, begitu juga sebaliknya. Dan keduanya tak
bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan
mengendalikannya.
1. Hardware atau Perangkat
Keras: peralatan yang secara fisik terlihat
dan bisa djamah.
2. Software atau Perangkat Lunak: program yang berisi instruksi/perintah untuk
melakukan pengolahan data.
3. Brainware: manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan
sistem komputer.
II.2 Sejarah Komputer
II.2.1 Generasi Pertama
Dengan
terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang
tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis
yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer
serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse,
seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat
terbang dan peluru kendali.
Pihak sekutu
juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943,
pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan
Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan
Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan
dua alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan komputer
serbaguna(general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode
rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade
setelah perang berakhir.
Usaha yang
dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain.
Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM,
berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut
berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel
sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator,
atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal
elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi
dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak
fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat
melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan
komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and
Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat
dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000
resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang
sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.
Komputer ini
dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980),
ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000
kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
Pada
pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim
University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang
hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann
mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun
1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini
memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur
von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh
fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951,
UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand,
menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von
Neumann tersebut.
Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric
memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah
keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam
pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta
bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.
Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine
language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi
kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat
besar) dan silinder
magnetik untuk penyimpanan data.
II.2.2 Generasi Kedua
Pada tahun
1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor
menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran
mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor
mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang
berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer
generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih
hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan
teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama
Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini,
yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah
besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin
tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi
bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah
dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore,
California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di
Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa
assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan
untuk menggantikan kode biner.
Pada awal
1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang
bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua
ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga
memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat
ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Salah satu
contoh penting komputer pada masa ini adalah 1401 yang diterima secara luas di
kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar
menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
Program yang
tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya
memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan
kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini,
komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan
desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai
bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language
(COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa
pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat,
dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini
memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam
karier baru bermunculan (programmer, analis sistem, dan ahli sistem komputer).
Industr piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer
generasi kedua ini.
II.2.3 Generasi Ketiga
Walaupun
transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor
menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak
bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan
masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan
sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC
mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil
yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih
banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut
semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena
komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi
ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang
memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara
serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori
komputer.
II.2.4 Generasi Kempat
Setelah IC,
tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan
komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan
komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration
(VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large
Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan
untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang
setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal
tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer.
Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971membawa kemajuan pada IC dengan
meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit,
memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.
Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik.
Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk
memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti
rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic
fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan
yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa.
Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga
pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk
komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut
minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh
kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program
word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari
2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan
dapat diprogram.
Pada tahun
1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di
rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit
di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65
juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih
kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi
komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang
dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing
dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh
menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara
saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga
mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa
sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM
PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan
Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan
komputer generasi keempat.
Seiring dengan
menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali
potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer
kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam
suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga
untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer
memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk
menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung
(disebut juga Local Area Network atau LAN), atau [kabel telepon, jaringan ini
dapat berkembang menjadi sangat besar.
II.2.5 Generasi Kelima
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit
karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima
adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:
Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah
komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence
atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan
manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari
kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa
komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia.
Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini
tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang
diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung
pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara
langsung.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi
yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan
rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan
menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem
yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan
lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa
ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan
proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer
Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan
bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan
proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma
komputerisasi di dunia.
II.3 Jenis-Jenis Komputer
Penggolongan komputer yang terbaru
sekarang membagi komputer berdasarkan beberapa hal yaitu misalnya data yang diolah, penggunaan, kapasitas/ukurannya, generasinya DLL.
II.3.1 Berdasarkan Data Yang Diolah
1. Komputer
Analog
adalah
komputer yang bekerja secara paralel (analog) untuk mengolah data yang sifatnya
kontinyu, datanya berupa besaran fisik dan angka- angka seperti temparatur,
tekanan udara, kecepatan angin, arus listrik gelombang
suara,dll. &nb
sp;
&nb
sp;
&nb
sp;
&nb
sp; Contoh :
Amperemeter, Voltmeter, Barometer, Termometer
2. Komputer
Digital
adalah komputer yang bekerja
berdasarkan operasi hitung.Variabel dalam komputer ini dinyatakan dengan angka-angka. Penyelesaian masalah dilakukan dengan proses aritmatik dan
logik (kuantitatif).
Contoh :
Calculator, Apple IIe, IBM PC
2. Komputer
Hybrid
adalah komputer yang bekerja secara kualitatif dan
kuantitatif. Komputer ini merupakan gabungan
antara komputer analog dan komputer digital. Contoh : komputer yang digunakan
pada robot-robot yang dipakai sebagai pekerja pada pabrik.
II.3.2 Berdasarkan Penggunannya
1. Komputer
Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose
Computer)
adalah komputer yang digunakan
untuk menangani satu jenis masalah khusus. Komputer jenis ini biasanya telah
diisikan suatu program komputer khusus, yang biasanya digunakan sebagai
pengontrol proses-proses tertentu pada mesin pabrik, kepentingan militer atau
pemeriksaan kesehatan. Dengan demikian bila ditinjau dari segi data yang diolah
maka komputer jenis ini biasanya menggunakan koputer yang memiliki kemampuan
hybrid.
2. Komputer Untuk
Tujuan Umum (General Purpose Computer)
digunakan untuk menangani
seluruh jenis masalah baik masalah bisnis maupun yang lainnya. Komputer jenis
ini biasanya cocok untuk komputer pribadi (PC).
II.3.3Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya
1. Komputer Mikro (Micro Computer)
2. Komputer Mini (Mini Computer)
3. Komputer Kecil (Small Computer)
4. Komputer Menengah (Medium Computer)
5. Komputer Besar (Large Computer)
6. Komputer Super (Super Computer)
2. Komputer Mini (Mini Computer)
3. Komputer Kecil (Small Computer)
4. Komputer Menengah (Medium Computer)
5. Komputer Besar (Large Computer)
6. Komputer Super (Super Computer)
II.3.4 Berdasarkan Generasinya
1. Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
2. Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
4. Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang)
5. Komputer Generasi Kelima
II.3.5 Menurut Komponen Elektronika (Processor) 2. Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
4. Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang)
5. Komputer Generasi Kelima
1.Mainframe Computer
Komputer
jenis ini menggunakan prosessor yang mempunyai kemampuan yang sangat besar dan
ditujukan untuk multi user. Dengan menggunakan teknologi time sharing maka
efeknya tidak begitu dirasakan oleh user. Jenis Komputer ini memiliki suatu
Central Processing Unit, Storage Device yang agak besar (kira-kira sebesar 2
lemari pakaian) dan ditempatkan pada tempat tersendiri. Peralatan CPU dan
Storage tersebut dihubungkan dengan banyak terminal yang terdiri dari keyboard
dan monitor saja. Terminal yang disambungkan dapat dalam jumlah ribuan sesuai
dengan kebutuhan san seri dari komputer mainframenya. jenis komputer ini cocok
digunakan untuk perusahaan dengan skala besar yang banyak memiliki banyak cabang.
digunakan untuk perusahaan dengan skala besar yang banyak memiliki banyak cabang.
2.Mini
Computer
Kapasitas
prosessor yang digunakan hampir sama dengan mainframe, hanya jumlah terminal
yang dapat disambungkan ke dalam ke komputernya tidak sebanyak seperti pada
jenis komputer mainframe. Jumlah terminal yang dapat disambungkan hanya
puluhan. Oleh karena itu komputer jenis ini hanya cocok digunakan untuk
perusahaan kelas menengah yang tidak begitu besar dan tidak terlalu kecil.
Ukuran fisik komputer ini tidak sebesar komputer mainframe.
3.Personal Computer
(PC)
Jenis
prosessor yang digunakan kemampuannya tidak begitu besar dibandingkan dengan
komputer mainframe. Karena komputer ini memang ditujukan untuk seorang pemakai.
Karena kegunaannya maka komputer jenis ini disebut komputer pribadi atau
Personal Computer (PC). Komputer ini memiliki semua perangkat IPO yang telah
dirangkai menjadi satu. Saat ini PC terus dikembangkan kemampuan dan
kegunaannya.
II.3.6 Menurut Bentuk
dan Ukuran Fisik
1.Komputer Desktop
Ukuran
fisiknya lumayan kecil, biasanya cocok diletakkan di atas meja. Bhakan sekarang
dikembangkan bentuk komputer desktop yang semakin tipis yang dikenal dengan
bentuk desktop slim. Bentuk desktop ini bisanya dilengkapi dengan banyak ruang
yang disebut expantion slot sebagai tempat untuk card tambahan.
2.Komputer
Tower
Ukuran fisk
relatif lebih besar dibandingkan dengan computer jenis desktop, cocok untuk
diletakkan di samping atau di atas meja. Memiliki ruang untuk expantion slot
lebih banyak.
3.Komputer
Portable
Ukuran
fisiknya sedikti lebih kecil dari komputer desktop dan tower. Seluruh
bagian-bagiannya dijadikan satu agar mudah dibawa kemana- mana. Jenis komputer
ini diciptakan untuk orang yang sering bekerja berpindah- pindah atau
dilapangan. Secara bebasportable artinya mudah dibawa-bawa.
4.Komputer
Laptop
Adalah
komputer dengan ukuran fisik yang dapat dipangku, ukurannya lebih kecil dari
komputer portable, semua komponennya dibuat menyatu.
5.Komputer NoteBook
Sesuai
dengan jenisnya ukuran fisik komputer ini sebesar notebook, bentuk dan
ukurannya hampir sama dengan komputer Laptop.
6.Komputer SubNotebook
Ukurannya sebesar kertas kwarto,
tebal kira-kira 5 cm dan masih terus dikembangkan untuk mengecilkan ukurannya.
7.Komputer
Palmtop
Komputer ini
dibuat untuk bisa digenggam, bila dibandingkan dengan ukuran kaset kira-kira
sebesar kaset video beta. Arus listriknya didapatkan lewat baterai.
BAB III
Penutup
Penutup
Kesimpulan
-
Komputer pada generasi pertama berkembang pada masa perang dunia kedua,
dikarenakan untuk meng eksploit potensi strategis. Ciri komputer generasi
pertama adalah penggunaan, Penghubung dan Kontak Informasi.
Pertemuan
10 - Presentation Transcript
- PERT. 10 SOFTWARE
- A. Defnisi Software Software adalah komponen data prosesing yang berupa program-program dan teknik-teknik lainnya untuk mengontrol sistem komputer. B. Klasifikasi Software Sistem Operasi (Operating System / OS) Adalah kumpulan program yang mengontrol dan mengatur seluruh kegiatan prosesing dalam sistem komputer. Tanpa OS sistem komputer tidak berjalan. Berdasarkan fungsinya OS terdiri dari 2 bagian, yaitu: a. Control Program b. Processing Program
3.
- Jenis-Jenis OS
- DOS (Disk Operating System)
- OS/2 (Operating System/2)
- Machintosh
- UNIX, XENIA, AIX
- MS Windows
- LINUX
- Bahasa Pemrograman (Programming Language / PL)
- Program yaitu kumpulan dari beberapa instruktsi.
- Kumpulan aturan dalam suatu bahasa disebut syntax. Program komputer yang mengandung syntax yang keliru atau biasa disebut juga dengan kesalahan syntax (syntax errors), tidak dapat dijalankan.
- Klasifikasi Bahasa Pemrograman a. Generasi Pertama Yang berorientasi pada mesin b. Generasi Kedua Yang menggunakan bahasa rakitan (assembly). C. Generasi Ketiga Generasi yang menggunakan pendekatan prosedural. Contoh : Algol, C, Basic, Cobol, Fortran, dan Pascal d. Generasi Keempat Yang dirancang untuk mengurangi waktu pemrogram dalam membuat program.
5.
- Contoh Seorang pemrogram dapat membuat program dengan Microsoft Access di lingkungan PC dengan mudah.
- e. Generasi Kelima
- Yang merupakan kelompok bahasa-bahasa pemrograman yang ditujukan untuk menangani kecerdasan buatan (Artificial Intelligence).
- Berbagai aplikasi kecerdasan manusia:
- Pemrosesan bahasa alami (Natural Language Processing)
- Pengendalian robotika dengan sensor mata
- Aplikasi Sistem Pakar (Expert System)
6.
- Secara garis besar, bahasa pemrograman terbagi atas 3 (tiga) tingkatan yaitu :
- 1. Bahasa Tingkat Rendah (Low Level Language)
- Co/. Bahasa Mesin, Assembler.
- 2. Bahasa Tingkat Menengah (Middle Level Language)
- Co/. Bahasa C.
- 3. Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Language)
- Terbagi dua, yaitu :
- a. Berorientasi pada Prosedur (Procedure Oriented Language), Terbagi dua :
- - Masalah Ilmiah (Science), Co/. PASCAL, FORTRAN, DLL
- - Masalah Bisnis (Business), Co/. COBOL, PL/1 DLL.
- b. Berorientasi pada Masalah (Problem Orientad Language)
- Co/. RPG.
7.
- Utilitas
- Yaitu Program yang bermanfaat untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya sistem.
- Contoh : Format Disk, ScanDisk, Disk Defragmenter.
- Device Driver
- Yaitu Program yang berfungsi untuk membantu komputer mengendalikan peranti-peranti peripheral dan biasanya disediakan oleh vendor yang memproduksi Perangkat Keras.
- Translator
- 1. Interpreter
- 2. Compiler
8.
- Pengelompokan Perangkat Lunak
- Berdasarkan Fungsinya Perangkat dibagi 2 golongan:
- 1. Perangkat Lunak Aplikasi
- 2. Perangkat Lunak Sistem
- Berdasarkan cara mendapatkan Perangkat Lunak dan hak Pemakaian dapat digolongkan pada :
- Perangkat Lunak Komersial, Perangkat Lunak Domain-Publik, Shareware, Freeware, Rentalware, Free Software dan Open Software
- Antar Muka Pemakai Yaitu Bentuk interaksi antara pemakai dan komputer, yang dapat berupa : - Menggunakan antarmuka Command-Driven - Menggunakan antarmuka yang disebut GUI Perangkat Lunak Perangkat lunak aplikasi dapat digolongkan yaitu: 1. Perangkat Lunak Hiburan 2. Perangkat Lunak Pendidikan 3. Perangkat Lunak Produktivitas Kerja 4. Perangkat Lunak Bisnis 5. Perangkat Lunak Khusus
- Software Suite Yaitu kumpulan beberapa proram yang dikemas menjadi satu. Contoh : Microsoft Office, Lotus SmartSuite, StarOffice